09/07/11

ASPEK TEKNIS

  1. Anak itik umur antara 5-8 minggu ditempatkan pada kandang panggung dari kawat dengan alas bahan lunak. per m2 diisi oleh 20-25 ekor anak itik, tanpa lampu pemanas.
  2. Itik dara atau sedang dalam pertumbuhan, umur antara 8-20 minggu keatas ditempatkan pada  kandang kelompok dengan bahan lantai terbuat dari semen atau tanah yang ipadatkan dengan diberi campuran pasir dan kapur, saluran air dangkal untuk minum dan membersihkan badan; per m2 diisi oleh 6-9 ekor, air minum tersedia terus menerus; pemberian pakan 2 atau 3 kali per hari.
  3. Itik petelur atau sedang dalam masa produksi, umur antar 20 minggu - 1 tahun (masa produksi telur yang ideal) ditempatkan pada kandang litter (tidur dan bertelur) dan kandang lantai (bermain). Llantai litter dialasi campuran pasir dan kapur dan ditutup dengan kulit pada jerami, tersedia saluran air dangkal umtuk minum, membersihkan bulu dan mempertahankan suhu tubuh; per m2 diisi oleh 4 ekor atau dalam satu kan dang berisi antara 50-100 ekor, Air minum tersedia terus menerus.
 
  4.
  5.
  6 .
  7 .
  8.
  9
10.
11.
1
Pemberian pakan 2 atau 3 kali per hari.
Pengambilan telur pada pagi hari
Tempat pakan, tempat minum dan lantai kandang dijaga kebersihannya.
Cahaya lampu kecil; tersedia obat anti stress.
Bedakan produksi telur tetas dan telur konsumsi.
Untuk menghasilkan telur konsumsi tidak memerlukan adanya itik jantan
Tempatkan 1 jantan dengan 8-10 itik betina, dalam kelompok yang tidak terlalu besar.
Pembuatan pakan itik petelur dewasa adalah dengan menggunakan campuran pakan konsentrat itik dan dedak/menir/jagung dengan rasio 1:2 atau 1:3 tergantung tingkat produksi.
Sumber gambar: http://1.bp.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

oklah klo begitu